Sabtu, 14 Desember 2013

Bawa anak2 jalan2 ...

Dari banyak tulisan saya, rasa nya ga satu tulisan pun yang isi nya tips. Padahal terkadang dalam keseharian saya bersama anak2 banyak tips2 sederhana yang bisa di sharing, dengan harapan bisa berguna juga untuk semua. Tips2 yang ingin saya share adalah kejadian keseharian yang saya alami, jadi ga mutlak sama dengan semua orang ya. Bahkan mungkin di luar sana banyak tips2 yang lebih "berhasil" dari saya.
Yuks berbagi ....
Saat jalan2 dengan anak2 tanpa ayah nya, juga asisten alias harus pergi seorang diri saja, saya harus memastikan anak2 nyaman. Nyaman tidak hanya di mobil, selama perjalanan tapi juga nyaman selama jalan2. Yang biasa saya siapkan :
1. Memastikan anak2 sudah tidur siang.
Jika bepergian siang hari saya selalu memastikan anak2 sudah tidur siang, karna akan berdampak pada mood mereka. Kalo pun harus terpaksa "melanggar" jam tidur mereka, saya pastikan anak2 nyaman saat tidur di mobil.
2. Sediakan cemilan kesukaan mereka.
Daripada harus mampir berkali2 ke mart terdekat akan lebih mudah jika kita stok makanan di mobil kan. Pastikan itu menjadi kesukaan mereka.
3. Memakaikan anak2 pakaian yang nyaman.
Anak saya yang sulung, perempuan. Suka sekali memakain rok. Tapi saya akan sangat melarang jika akan bepergian hanya bertiga saja. Dengan pakaian yang simple dan nyaman, anak2 akan lebih leluasa bergerak dan tidak merepotkan jika ingin melakukan sesuatu.
4. Tidak membawa banyak perbekalan.
Saat sampai di tujuan, saya berusaha tidak membawa tas atau perbekalan berlebih. Karna tangan saya akan sangat sibuk menggandeng anak2. Bahka kadang si bungsu 3th masih butuh di gendong dalam beberapa suasana. Saya hanya menyiapkan tas kecil berisi 1 diaper untuk si sulung, serta air minum untuk mereka.
5. Tidak belanja berlebihan.
Dengan usia anak2 saya sekarang, rasa nya jalan2 bersama mereka tidak bijak jika saya belanja berlebihan. Karna akan membuat mereka hilang mood dan rewel. Juga akan menyulitkan saya dalam membawa belanjaan nanti nya.
6. Tidak sibuk dengan gadget.
Siapa bilang pergi bersama anak2 tidak bisa memantau gadget. Saya bisa, tapi saya akan pastikan anak2 "aman" dalam pandangan saya. Juga tidak perlu memegang gadget setiap waktu, kecuali usia anak2 sudah bisa mandiri.
7. Makan tepat waktu.
Memang tidak ada jam khusus makan. Tapi juga jangan terlalu lambat, karna lapar yang menyerang akan membuat anak2 bad mood dan rewel.
8. Beli beberapa mainan kesukaan.
Kadang anak2 menemukan mainan baru dalam perjalanan, tidak mengapa sesekali membelikan nya. Selain bisa membuat anak2 lebih "tenang" dalam perjalanan, juga reward untuk mereka karna sudah jadi anak yang baik selama perjalanan.
9. Tidak pergi terlalu lama.
Batasi waktu pergi, terlalu lama hanya akan membuat kita sendiri lelah karna harus mengawasi anak2 sendirian.
10. Memberi rewards untuk diri sendiri.
Manjakan diri anda dengan membeli sepotong kue atau minuman kesukaan sebagai rewards karna sudah "berhasil" membawa anak2 jalan2 sendirian. Nikmati dengan santai sambil melihat anak2 bercanda atau makan adalah waktu yang pas.
Nah itulah beberapa tips dari saya agar tetap nyaman jika pergi sendiri bersama anak2. Semoga bermanfaat ya ...

Tidak ada komentar: