Kamis, 29 Desember 2016

Hamasah berhijab syar i yuk ....

https://youtu.be/OPIJMBz-8XM

Minggu, 11 Desember 2016

Ketaatan

Ketaatan itu mahal harga nya ...

Tidak mudah, butuh keistiqamahan, dan butuh kelembutan hati untuk melakukan nya.

Aku taat ...
Semata karna aku berusaha menjadi baik

Aku taat ...
Semata karna aku belajar menjadi pribadi yg manfaat

Aku taat ...
Karna jauh sebelum nya aq telah membuang jauh keegoisan ku ...

Aku taat ...
Karna aku ingin menjadikan anak2 sebagai pribadi lebih baik lagi

Minggu, 16 Oktober 2016

Di Paksa

Kadang dalam sebuah hubungan kita harus di paksa.

Di paksa untuk mengerti ttg pasangan kita, lengkap dengan keluarga nya.

Dalam 10 thn perjalanan ini saya belajar banyak hal. Ttg paksaan baik dan paksaan buruk dari pasangan dan hubungan kami.

10th pertama dalam rumah tangga saya lewati bukan tanpa cobaan, semua nya bisa kami lalui dengan baik karna kesadaran penuh bahwa rumah tangga ini bukan soal saya dan dy semata, tp lbh penting ny adalah anak2.

10thn pertama bukan mudah bagi saya masuk dalam dinamika keluarga suami. Keluarga baru yang sama sekali berbeda dengan keluarga saya.

Yup ...

Paksaan baik dan paksaan buruk lah yg membuat saya bisa melewati 10th pertama ini.

Selasa, 11 Oktober 2016

Lucu itu ...

Lucu itu ...

Saat kamu tidak suka sama orang lain, tapi kamu mengajak teman2 kamu ikut2 an membenci nya.

Lucu itu ....

Saat kamu "senang" kamu benci orang tersebut, bahkan menjauhi nya. Tapi saat kamu "butuh / lg susah" dia lah yang kamu cari.

Lucu itu  ...

Senyum kamu manis banget saat sama orang itu, tapi di belakang dia wajah kamu lebih busuk dari buah yg sdh membusuk.

Dan semua ke "lucu" an itu aku temukan di kamu 😅😅 Iya kamu ....

Ga nyangka saat kamu kirim sms karna butuh sesuatu, oke aq coba bantu ... eh giliran ketemu masyaallah sikap kamu itu loh, koq kaya lupa ya dulu kamu butuh aq.

Capek y ngadepin kamu yang sikap nya kaya bunglon, sering kali berubah2.

Tapi ya udh lah yah ....

Aq mah udh ikhlasin aj smua sikap kamu, ga mau nuntut kamu kaya orang2 pacaran2 gt, kudu bersikap baik ... Toh nnti juga smua bakal tau, siapa kamu yg sesungguh nya.

Kadang suka ga habis pikir juga sih, dengan penampilan kamu yang begitu, koq memperlakukan orang lain gt ...

Eh tapi kan .... Ga blh menilai orang dari cover nya ya, eh ... justru hati ny lebih busuk tuh dari cover nya, gimana donk ...😅😅😅

Senin, 05 September 2016

Empati

Ga cuma sekali ini anak saya di bully karna di tertawakan "ketidakmampuan" nya.

Dari usia balita, si kk sering jadi bahan ejekan ibu2 sekolah karna sifat nya yg masih suka menangis.

Sedih ... Pasti

Di bilang belum mandiri, belum matang secara emosi.

Sekarang pun ejekan2 itu hadir di telinga saya, apa saja cela si kk selalu jadi bahan cemoohan.

Tugas saya menjadi sangat berat, menutup telinga dari hal2 yg memekakan tadi, juga menguatkan hati kk agar tidak bersedih.

Nak, setiap anak itu unik ...

Semoga kelak kamu bisa menunjukkan keunikan kamu, dan berprestasi di dalam nya .... Aamiin

Minggu, 24 Juli 2016

Negosiasi

10 tahun pernikahan, bisa berjalan baik karna kita bernegosiasi dengan pasangan dan ego kita.

Bernegosiasi atas apa yg kita rasakan ...

Saya belajar mengendalikan ego saya selama menikah. Menutup erat keinginan berteriak atao sekedar berbagi keadaan hati jika memang sedang tak enak.

Negosiasi atas banyak hal yang kadang tidak saya sukai tapi harus tetap saya terima atao jalani.

Itulah pernikahan ...

Mana mungkin pernikahan bisa berjalan baik jika kita saling berteriak, menghabiskan energi satu sama lain, saling menatap nanar pada keadaan kebersamaan yang tidak menyenangkan.

Bukan tidak lagi sayang, jika kadang hati sulit menerima keadaan ...

Bukan tidak lagi cinta, saat jiwa menolak tunduk ....

Itu semata karna aq punya ego ...

Aq tidak suka jika ego ku terkalahkan ...

Aq benci jika ego ku harus di letakkan pada sisi lain ...

Mari duduk bersama ...

Negosiasi dengan baik apa yg harus kita lakukan ...

Negosiasi dengan menutup ego yang sedang terdongkrak ...

Agar solusi yg di dapat, bukan justru masalah baru ...

Senin, 04 Juli 2016

Mudik

Kembali merangkai cerita di mudik tahun ini ...

Di awali dengan packing 4 koper besar, lengkap dengan oleh2 yang juga ga kalah besar kemasan nya. 😆😆😆

Perjalanan mudik kali ini di mulai ...

Lepaskan semua ego ...

Buang semua keinginan hati ...

Berbaur dalam kebersamaan dan rasa yang ada, mudik ...

Bertemu orang2 terkasih yang jauh di mata ...

Yang raga nya tak selalu kita temui setiap saat ...

Bismillah ...

Semoga mudik kali ini memberikan cerita terbaik untuk kami, membuat kenangan indah dalam setiap langkah nya.

Semoga mudik kali ini membuat keluarga kami semakin erat, bersama tak hanya dalam bahagia tapi juga menghadapi masalah ....

Bismillah ...

Berangkat dengan selamat, pulang juga dengan selamat, aamiin 😊😊😊😊

Senin, 20 Juni 2016

Jangan Kalah sama Anak

Pesan manis yang saya dapat dari ustad nya anak2, ustad Yusuf Mansyur 😊

"Jangan kalah sama anak2" ujar ustad di salah satu ceramah nya.

Bagaimana mungkin bisa kita kalah dengan anak2 ... Kerut dahi saya

Ternyata kata2 tersebut bukan lah sebuah pengingat, melainkan renungan ...

Banyak dari kita sering kali tidak dapat menahan gejolak, saat anak2 merengek. Baik saat meminta mainan, makanan, sampai merengek minta agar terbebas dari tanggung jawab.

Ga jarang, anak2 ... Terutama anak2 kami, kami manjakan dengan hal2 yang memang menurut kami pantas mereka dapatkan. Lantas kami lupa, ada tanggung jawab ato kewajiban mereka yang harus mereka lakukan sebagai anak ...

Nah ...
Dalam hal ini lah kadang kita kalah dengan rengekan mereka.

Ustad yusuf mengingatkan ...
Saat seperti ini lah, kita tegas jangan kalah dengan anak2. Mereka harus tetap dalam role nya sebagai anak. Bukan kita yang justru lemah sebagai ortu.

Ehmmm ..
Buang rasa ga tega, jauhkan sikap ngikutin mau nya anak2, hindari hal2 yang selalu membela kemauan mereka.

Belajar ... Belajar .... Belajar

Rabu, 15 Juni 2016

Kakak yang shalehah

Menonton youtube tentang keluarga Gen Halilintar dengan 11 orang anak nya, membuat takjub.

Mereka begitu menerapkan ilmu2 agama dengan begitu baik terhadap anak2 mereka. Bagaimana mengajarkan tanggung jawab, mengajarkan toleransi juga bagaimana menumbuhkan rasa bersalah jika memang kita berbuat kesalahan.

Anak saya yang sulung, si kakak begitu sensitive. Saya sering menyebutkan si lembut hati. Betapa sering dia menangis jika memang apa yang di rasa tidak sesuai dengan hati nya, dan jika terjadi sesuatu pasti lah dia akan terus memikirkan nya.

Anak shalehah bunda, sudah 2 hari ini di pesantren holiday menyambut ramadhan. Alhamdulilah walau awal nya tidak mau, pelan2 melunak juga hati nya.

Semoga kelak ini menjadi bekal kamu y nak...

Sabtu, 04 Juni 2016

Duniaku bersama mu

Aku menemukan dunia ku bersama mu ...

Brtrima kasih pada kebaikan Allah yang telah memberikan kamu sebagai suami

Brtrima kasih pada kebaikan Ortu yang telah merestui kebersamaan ini

Terima kasih untuk smua kebaikan...

Aku menemukan dunia ku bersama mu ...

Rabu, 25 Mei 2016

Mungkin Allah belum memanggil

Positif thinking adalah salah satu cara melepaskan diri dari mengeluh jika ada hal yg berjalan tidak sesuai dengan keinginan saya.

Berusaha melepaskan diri dari hal2 yang menggerogoti hati jika tampak yang di depan mata sangat tidak mengenakkan...

Allah maha tau ...
Allah maha mengerti keadaan hamba nya ...

Jika Allah belum menghendaki maka bersabarlah ....

Allah maha tau kapan waktu yang tepat, asal kita memaksimalkan ikhtiar dan doa ... Tidaklah mungkin Allah akan melalaikan kita ...

Mungkin Allah belum memanggil kita, sehingga Allah masih memberi kita waktu menabung dulu ...

Bersabar ... Ikhtiar ...

Sabtu, 23 April 2016

Pernahkah

Pernahkah bertanya ...
Bahagiakah pasangan dengan kehidupan yg sekarang di jalani ...
Mengarungi hidup bersama mengurus kita dan anak2 ...

Pernahkah bertanya ...
Bahagiakah anak2 mendapati kita sebagai orang tua mereka ...
Berdiri di garda depan membela kepentingan mereka ..

Pernahkah bertanya ...
Banggakah keluarga menghadapi sepak terjang kita ...
Berjibaku dengan penat nya dunia dan pekerjaan...

Pernahkah bertanya ....
Mau di bawa kemana keluarga yang sekarang kita jalani ..

Habiskan masa muda mu memeluk anak2 karna kelak saat tua anak2 akan mengingat kenangan apa yg kau toreh ....

Mendampingi mereka bermain ...
Menemani mereka belajar ....
Adalah saat di mana moment seperti itu tidak akan kembali ....

Minggu, 17 April 2016

Panggilan Anak

Seperti Rasul yang memberikan panggilan2 baik kepada istri dan sahabat2 nya....

Saya berusaha mengganti panggilan anak2 menjadi panggilan yang makna nya lebih baik dan mengandung arti baik.

Panggilan tidak melulu ke fisik anak, seperti cantik dan ganteng. Namun sekarang mencoba memberikan panggilan yang lebih mendalam arti nya... Seperti shalehah, shaleh ... Ato panggilan sesuai harapan cita2 mereka kelak, seperti dokter ato cita2 lain nya.

Alhamdulillah ...

Beberapa kali memberikan panggilan itu ke anak memberikan dampak baik buat sikap mereka. Mereka lebih tenang, dan pasti nya panggilan itu menjadi doa buat mereka kelak, insyaallah ....

Saya pun berusaha tidak menyuruh mereka diam jika sudah penat dengan sikap mereka. Tapi lebih kepada kata2 ... " ayo nak ... Bisa tenang, tolong"

Ehmmmm
Tidak mudah memang, tapi pelan2 merubah kebiasaan menjadi lebih baik kenapa tidak kan ....

Semoga bisa membawa dampak baik untuk mereka dan saya juga tentu nya...

Sabtu, 16 April 2016

Berteman

Capek juga berteman sama orang yang ribet, rese dan selalu ingin benar.

Maaf ya ...

Ngejelekkin orang neh jadi nya😩

Udah bosen aj sama sikap dan kelakuan dia.

Bikin muak dan muntah ....

Oke mulai besok jaga jarak sama dia, hindari japri di segala bentuk sosmed dan hindari juga bercengkrama di grup 😦😦😦

Selasa, 29 Maret 2016

Peng"abai"an

Lawan kata dari cinta bukan lah benci ... Melainkan peng"abai"an.

Bagaimana mungkin seseorang akan bertahan jika di abaikan ... Terutama dengan keluarga, sahabat, orang terkasih.

Saat pasangan "jatuh" ... Bagaimana sikap kita?!
Tentu mensupport nya kan... Memberikan dukungan terbaik yang kita bisa agar dia nyaman dan bisa bangkit dengan segera.

Akan sangat berarti jika di tengah2 kesibukan kita meluangkan waktu menyapa pasangan di rumah. Seuntai kata sayang akan membuat kelelahan mereda bukan...

Sedih rasa nya jika kita sibuk dengan dunia kita sendiri dan menjadi abai dengan keberadaan pasangan.

Jangankan menanyakan kabar pasangan, sekedar bertukar cerita saja tidak ...

Pasangan terutama istri adalah makhluk yang perlu perhatian.

Lelah dan masalah yang di hadapi nya sudah cukup membuat nya penat, luangkan sedikit waktu mu untuk sekedar mendengar keluhan nya. Mengerti akan keterbatasan nya...

Jangan abai dengan pasangan ... Tanpa nya keberhasilan anda tak ubah nya selembar sertifikat dalam bingkai kaca.

Senin, 22 Februari 2016

Anak

Benar kata orang tua dulu ...

Apa sih yg ga buat anak ... ☺

Ya itu yg saya rasakan sekarang.

Apapun saya lakukan buat anak2 ... Sebisa mungkin saya berikan buat mereka yang terbaik.

Apalagi saat anak sakit 😯😐 rasa nya jiwa raga ikut sakit. Raga pontang panting mencari kesembuhan buat mereka, jiwa tak lepas berdoa untuk nya.

Ah ...
Cinta ortu memang tak pernah sederhana. Bahkan saat kita dewasa pun kerap kita menyusahkan mereka.

Tapi saya tau bagi mereka kami anak nya tak pernah beranjak dewasa, dimata mereka kami masihlah anak2 yang masih membutuhkan mereka.

Sama seperti saya memandang anak2 sekarang. Semandiri apapun si kk dalam melakukan tugas2 nya, tetap di mata saya, kk tak ubah nya anak2 yang masih perlu tuntunan dari saya. Bimbingan serta kasih sayang.

Itulah mengapa ada pepatah  ..
Kasih Ibu sepanjang jalan, karna memang kasih sayang kami rasa nya tak mengenal expired. Selama available sejak anak2 di lahirkan sampai mereka dewasa.

Bagi kami  ...
Mereka tetap anak2...
Walau raga mereka telah berubah dewasa ...

Bagi kami  ..
Kasih sayang tak akan berubah walau mereka sudah berbeda usia ☺😊

Rabu, 10 Februari 2016

Ayah

Banyak lagu menyangjung IBU...

Padahal peran ayah tak kalah penting dalam kehidupan seorang anak

Ayah selalu mampu tersenyum walau hati nya sedang penat...

Ayah selalu bisa memeluk anak2 dalam tawa walau jiwa nya gelisah ...

Ayah yang kelak akan berdiri paling depan di hari hisab, melindungi anggota keluarga nya ...

Ayah pula yang kelak akan memberikan pembelaan nya untuk semua keluarga ...

Ayah ...
Pelan tapi pasti ku eja nama nya dalam hati ...

Berderai air mata jika mengingat kelam nya masa kecil yang kau ukir untukku ...

Ayah ...
Semoga kelak apa yg aq lakukan sekarang mampu mempermudah pertanggung jawaban mu di majelis hisab Allah ...

Ayah ...
Aq bahagia sekarang ...
Semoga Allah pun memberikan kebahagiaan yang sama untuk mu ...

Teriring doa untuk mu ayah ...
Semoga kelak aq mampu menarik mu bahagia bersama di surga Nya .. Aamiin

Rabu, 27 Januari 2016

Gejala Ketidaksejiwaan Dengan Pasangan

Ketika Suami Istri Belum Mencapai Kesejiwaan

Dari Ustad Cahyadi Takariyawan

Menikah itu adalah peristiwa bersatunya dua jiwa, dua hati, dua pikiran, dua fisik dalam satu ikatan. Kendatipun ada banyak perbedaan karakter, sifat dan kecenderungan antara laki-laki dan perempuan, namun mereka harus berusaha untuk menemukan rumus kimia (chemistry) penyatuan jiwa yang membuat suami dan istri berada dalam suasana “sejiwa”. Suasana kesejiwaan inilah yang membuat kehidupan berumah tangga menjadi nyaman, tenang, tenteram, damai, dan bahagia.

Suasana kesejiwaan ini yang membuat berbagai persoalan hidup mudah diselesaikan dan dicarikan jalan keluar. Suasana kesejiwaan ini pula yang membuat suami dan istri mudah berkomunikasi dan tidak kesulitan untuk mengekspresikan harapan serta keinginan. Mereka berinteraksi dengan nyaman, tanpa ada sekat psikologis. Merasa demikian dekat satu dengan yang lain, tanpa ada jarak yang memisahkan mereka berdua.

Suasana kesejiwaan ini pula yang membuat suami dan istri saling bisa berbagi kebahagiaan tanpa ada keinginan untuk mengalahkan dan menjatuhkan pasangan. Yang mereka lakukan adalah usaha untuk memenangkan kebersamaan, sehingga masing-masing telah rela untuk menundukkan ego demi kebahagiaan bersama. Bukan hanya berpikir untuk kebahagiaan diri sendiri dengan melukai pasangan, bukan pula hanya membahagiakan pasangan dengan melukai diri sendiri.

Gejala Pasangan yang Belum Menemukan Kesejiwaan

Pada dasarnya suasana kesejiwaan itu didapatkan dengan proses yang terus menerus dan berkelanjutan. Bukan tiba-tiba apalagi bim salabim. Tidak pernah berhenti untuk saling mengenali dan memahami diri sendiri serta pasangan. Kadang dijumpai seseorang yang bingung dengan dirinya sendiri. Tidak mengerti kemauannya sendiri. Tidak bisa mendefinisikan keinginan diri. Jangankan mengerti pasangan, bahkan diri sendiri pun tidak dikenali. Kondisi ini membuat semakin lama untuk mencapai kesejiwaan bersama pasangan.

Yang diperlukan adalah usaha tanpa henti untuk belajar mengerti, memahami, mencintai, menerima apa adanya, serta memberikan yang terbaik bagi pasangan tercinta. Yang diperlukan adalah upaya terus menerus untuk menyesuaikan diri dengan harapan pasangan, sepanjang harapan itu tidak bertentangan dengan aturan agama dan kepatutan sosial. Yang diperlukan adalah usaha untuk bisa menerima pengaruh dari pasangan, sepanjang pengaruh itu positif atau tidak membahayakan diri sendiri maupun keluarga.

Ketika suami dan istri belum menemukan kesejiwaan, sebenarnya sangat mudah mereka kenali gejalanya. Mereka akan menemukan suasana saling asing, suasana berjarak, suasana bersekat, yang membuat tidak nyaman dalam interaksi sehari-hari. Walau sudah lima tahun atau sepuluh tahun menikah, jika titik kesejiwaan belum ditemukan, maka bukan kebahagiaan yang didapatkan dalam pernikahan. Yang ditemukan justru suasana saling asing dan dalam kasus tertentu sampai muncul perasaan ketersiksaan dan penderitaan.

Dari pengalaman di ruang konseling, kami menemukan gejala suami istri yang belum mencapai kesejiwaan adalah sebagai berikut:

1. Merasakan suasana tidak nyaman saat bersama pasangan

Saat suami dan istri merasakan suasana tidak nyaman saat berduaan, inilah di antara gejala belum ditemukannya titik kesejiwaan. Ini menyangkut suasana di dalam jiwa. Suami atau istri yang merasa gelisah ketika berada di dekat pasangan. Ada berbagai hal yang membuat mereka menjadi saling tidak nyaman saat bersama. Bertemu pasangan seakan-akan menjadi beban yang memberatkan.

Perasaan ini bisa jadi tidak diketahui oleh orang lain. Mereka berdua yang bisa merasakannya. Tidak nyaman mengobrol, tidak bisa curhat, tidak ingin berduaan, tidak asyik saat berjalan berdua dengan pasangan, adalah perasaan yang menekan. Pada pasangan yang pandai “bermain sinetron”, mereka bisa mengelabui orang lain dengan tampilan yang heppi. Padahal hati mereka tidak ada kenyamanan saat sedang berdua.

2. Lebih menikmati kesendirian

Saat suami dan istri lebih merasa nyaman ketika sendirian, ini merupakan gejala yang perlu diwaspadai. Jangan dianggap sebagai sesuatu yang remeh, karena jika perasaan ini dibiarkan berkembang dan bertahan dalam waktu lama, akan membuat cinta mereka semakin sirna. Akhirnya tidak ada lagi ikatan yang menyatukan mereka berdua, karena masing-masing lebih menikmati kesendiriannya.

Semestinya suami dan istri itu merasa nyaman dan bahagia saat bersama pasangan. Mereka merasakan kerinduan saat harus berpisah sementara waktu karena berbagai urusan. Maka saat bertemu, mereka memiliki hasrat yang kuat untuk menuntaskan kerinduan. Ini yang sering saya sampaikan pada pasangan yang menjalani kehidupan long distance relationship (LDR), hendaknya LDR dipahami sebagai keterpaksaan. Jangan sampai dinikmati sebagai sesuatu yang lumrah sehingga tidak ada upaya untuk berkumpul bersama pasangan.

3. Munculnya perasaan hambar

Harusnya suami dan istri itu memiliki perasaan yang istimewa. Namun seiring berjalannya waktu dan menumpuknya persoalan, kadang dijumpai perasaan yang hambar dan bahkan dingin saja. Suami dan istri tidak memiliki keistimewaan perasaan terhadap pasangan lagi. Rasanya biasa saja saat bersama pasangan. Tidak ada kebanggaan, tidak ada keceriaan, tidak ada keistimewaan. Biasa saja, tanpa suatu aroma yang bercorak khusus.

Hal ini menandakan mereka belum menemukan titik kesejiwaan. Perasaan hambar ini tidak semestinya dimiliki oleh pasangan suami istri, mengingat mereka adalah dua insan yang diikat oleh cinta dan kasih sayang. Mengenali suasana hambar ini penting untuk segera melakukan tindakan yang berarti, agar tidak berlanjut menjadi saling menjauh bahkan saling membenci.

4. Mudah muncul emosi

Saat belum menemukan titik kesejiwaan, suami dan istri akan mudah marah dan emosi. Untuk urusan yang sepele dan sederhana mereka mudah meledak emosinya. Hanya karena salah bicara yang tidak sengaja, atau bersikap yang tidak sesuai keinginan pasangan, sudah muncul emosi dan kemarahan yang tidak tertahan. Sedikit-sedikit marah, sedikit marah. Marah kok sedikit-sedikit :)

Mudah muncul emosi adalah gejala yang tidak wajar, karena semestinya suami dan istri saling menyayangi sehingga mudah memaafkan kelemahan dan kekurangan pasangan. Jika setiap kali bertemu atau berkomunikasi, yang mucul adalah suasana emosi dan kemarahan, maka membuat suami atau istri cenderung menghindari komunikasi atau bahkan menghindari bertemu dengan pasangan agar tidak emosi. Kondisi ini membuat semakin jauh dari kesejiwaan.

5. Mudah tersulut konflik

Hanya karena hal-hal sederhana, mudah membuat suami dan istri terlibat pertengkaran. Sangat banyak konflik tidak produktif dan tidak semestinya terjadi dalam keluarga mereka. Segala sesuatu pembicaraan di antara mereka selalu menimbulkan pertengkaran, sampai akhirnya merasa lelah untuk berbicara. Memilih mendiamkan masalah serta menumpuk-numpuk persoalan karena tidak ingin meledak menjadi pertengkaran.

Memang konflik suami istri ada sisi positifnya, sebagaimana pernah saya posting di Kompasiana tentang “9 Manfaat Konflik Suami Istri”. Namun jika konflik muncul dengan mudah dan sewaktu-waktu, ini menandakan belum ketemunya titik kesejiwaan di antara suami dan istri. Konflik hendaknya bisa dikelola dengan baik, bukan menjadi sebuah karakter, bukan menjadi sebuah hobi. Tidak ada kebahagiaan yang muncul akibat dari memelihara konflik berkepanjangan.

6. Sering salah paham

Setiap pembicaraan dan komunikasi, tidak berujung kepada pengertian, namun justru menimbulkan kesalahpahaman. Kata-kata dan kalimat sering disalahpahami, pesan yang ingin disampaikan tidak dimengerti maknanya oleh pasangan. Saat suami berbicara, istri langsung memotong dan “meluruskan” kesalahan omongan suami. Hal ini membuat suami tidak nyaman karena merasa tidak dipercayai. Demikian pula saat istri bicara, suami langsung memotong dan “meluruskan” kesalahan omongan istri. Ini juga membuat tidak nyaman istrri karena merasa tidak dimengerti.

Tangis istri tidak dimengerti maknanya oleh suami, diamnya suami tidak dipahami oleh sang istri. Keinginan istri untuk curhat dan mengobrol ditangkap sebagai tuntutan yang berlebihan pada suami. Sementara keinginan suami untuk tidak banyak bicara ditangkap sebagai bentuk tidak tanggung jawab di mata istri. Keduanya mudah salah paham oleh sikap dan perkataan pasangan sehingga ketegangan selalu muncul dalam kegiatan keseharian. Tentu tidak enak hidup dalam suasana seperti ini.

7. Tidak ada yang mau mengalah

Ketika suami dan istri belum mencapai kesejiwaan, masing-masing selalu menganggap dirinyalah yang benar, dan pasangannya berada di pihak yang salah. Keduanya merasa heran, mengapa pasangannya tidak pernah merasa bersalah. Suami merasa dirinya yang benar dan istri yang salah. Sebaliknya, istri merasa dirinya yang benar dan suami yang salah. Keduanya tidak ada yang mau mengalah dalam setiap konflik dan pertengkaran. Ego masing-masing masih sangat dominan.

Ketika suasana mau menang sendiri seperti ini dimiliki oleh suami atau istri atau keduanya, membuat konflik tidak pernah bisa diselesaikan. Rasa tidak mau mengalah ini muncul sebagai akibat ego yang sangat tinggi pada suami atau istri, yang merasa enggan untuk dikalahkan oleh pasangan. Suami merasa gengsi kalau kalah oleh istri dan istri merasa gengsi kalau kalah oleh suami. Perasaan “menang kalah” seperti ini muncul karena mereka belum mencapai titik kesejiwaan.

8. Tidak bisa lagi menikmati aktivitas fisik bersama pasangan

Ketika aktivitas fisik sudah tidak lagi bisa dinikmati, padahal tidak ada kendala usia maupun kesehatan, ini adalah tanda belum menemukan kesejiwaan. Mestinya suami dan istri itu bahagia dengan berbagai aktivitas fisik bersama. Sejak dari cumbu rayu, hubungan seksual, atau sekedar berjalan-jalan dan aktivitas fisik berduaan, merupakan hal yang seharusnya sangat menyenangkan bagi keduanya. Jika aktivitas fisik sudah tidak lagi bisa dinikmati, bahkan dirasakan sebagai beban, ini pertanda mereka belum menemukan titik kesejiwaan.

Pada pengantin baru, ativitas fisik suami dan istri sangat tinggi intensitasnya. Seiring berjalannya usia dan waktu, aktivitas fisik semakin menurun secara frekuensi. Namun mereka tetap menikmati dan tetap bergairah melakukan bersama pasangan walaupun tidak lagi sebanyak saat masih muda. Seharusnya aktivitas fisik tetap bisa dinikmati walaupun usia mereka sudah sama-sama tua.

9. Menganggap dirinya yang selalu mengalah

Suasana belum menemukan kesejiwaan sungguh unik. Suami merasa, selama ini ia selalu mengalah. Ternyata hal yang sama dirasakan oleh sang istri. Ia menganggap selama ini dirinya sudah selalu mengalah. Mereka menuduh pasangannya yang tidak pernah mau mengalah. Bertahun-tahun hidup dalam suasana merasa hanya dirinya saja yang mengalah.

Suami merasa mengalah, demi menjaga keutuhan keluarga. Istri merasa mengalah, demi menjaga keutuhan rumah tangga. Namun keduanya saling menuduh bahwa pasangannya tidak mau mengalah. Terpaksa dirinya yang mengalah supaya tidak menjadi pertengkaran terus menerus. Suasana seperti ini adalah gejala belum ditemukannya kesejiwaan di antara mereka.

10. Lebih percaya orang lain

Jika suami dan istri lebih percaya informasi orang lain daripada pasangan, ini adalah tanda belum menemukan kesejiwaan. Setiap perkataan pasangan sulit dipercaya, namun demikian mudah mempercayai omongan orang lain. Bawaannya selalu curiga dengan pasangan, seakan-akan yang dilakukan pasangan adalah kesalahan dan penyimpangan. Apapun yang dilakukan suami, tampak sebagai kesalahan di mata istri. Sebaliknya, apapun yang dilakukan istri, tampak sebagai kesalahan di mata suami.

Bahkan ada suami dan istri yang lebih percaya kepada gadget daripada kepada pasangannya. Ada suami menuduh istrinya tidak setia, hanya karena tidak segera membalas pesannya lewat fitur komunikasi. Padahal bisa jadi sang istri memang belum membaca pesan suami. Ada istri menuduh suaminya selingkuh, hanya karena pernah chatting dengan perempuan teman kerjanya. Padahal ia chatting urusan pekerjaa, bukan urusan pribadi.

Lalui Prosesnya

Itulah sepuluh gejala belum ditemukannya titik kesejiwaan antara suami dan istri. Karena kesejiwaan adalah suatu proses, maka yang diperlukan adalah kesediaan dari suami dan istri untuk menempuh prosesnya. Jangan mengira bahwa kesejiwaan akan didapat dengan sendirinya tanpa usaha. Suami yang merasa nyaman dan tidak ada masalah dalam kehidupan keluarga, belum tentu seperti itu kenyataannya. Karena bisa jadi ia tidak mengerti dan tidak memahami penderitaan istrinya.

Demikian pula istri yang merasa nyaman dan tidak ada masalah dalam rumah tangganya, belum tentu memang seperti itu kejadiannya. Karena bisa jadi ia tidak mengerti penderitaan batin suami yang tidak bahagia hidup bersamanya. Maka harus ada upaya bersama dari suami dan istri untuk menempuh proses menemukan kesejiwaan. Berapa lama waktu yang mereka perlukan untuk menemukan titik kesejiwaan, tergantung besaran usaha yang mereka keluarkan sepanjang menapaki prosesnya. Bisa pendek, bisa panjang. Bisa sebentar, bisa lama. Bisa cepat, bisa lambat. Bisa mudah, bisa pula susah.

Anda pilih yang mana? Semua tergantung anda berdua.

Minggu, 24 Januari 2016

Menikmati

Menjelang 10th pernikahan saya sering tersenyum mengingat bagaimana perjalanan pernikahan kami ...

Menertawai keadaan ...

10th pernikahan, rasa nya bukan waktu yg sebentar untuk bisa paham bagaimana sifat suami. Bagaimana kami menyatukan keinginan dan harapan kami ttg masa depan rumah tangga ini kelak.

10th pernikahan kami lewati dengan banyak tawa dan canda. Tertawa bahagia saat anak2 lahir... Bercanda dengan mereka menikmati hari yang sekarang begitu ramai.

10th pernikahan kami lewati dengan banyak kesedihan. Sedih karna kami belum menemukan cara komunikasi yang baik ...

10th pernikahan ..

Aq makin sayang kamu ... Kamu pun begitu 😍😍

Rabu, 20 Januari 2016

Mengeluh terus

Beberapa teman mengeluhkan pasangan mereka yang tidak sesuai harapan, bahkan cenderung mendekati menyebalkan.

Saya mengingat awal pernikahan kami dulu...

Betapa sering kami beradu argumen, berselisih paham untuk hal sepele sekalipun.

Betapa saya sangat sebel dengan kebiasaan2 nya yang jauh berbeda dengan saya.

Betapa saya yang santai bertemu dengan dia yang selalu tepat waktu.

Awal pernikahan adalah masa adaptasi terberat kami.

Perlahan ....

Kami belajar mengenali pernikahan kami sebagai bentuk kebersamaan kami tak hanya di dunia. Naif jika kita hanya mengedepankan ego, padahal kita ingin selalu bersama ke surga Nya.

Belajar ....

Tak sungkan membuka komunikasi dengan pasangan tentang apapun, kesukaan, ketidaksukaan. Kenyamanan dan ketidaknyamanan. Semua hal kami pelajari ...

Allah maha baik memberi saya laki2 shaleh yang selalu meluluhkan hati saya dengan melihatnya terpekur lama di sajadah dalam sujud malam nya.

Allah maha baik mengirimkan saya laki2 dermawan yang tidak hanya baik pada orang tua saya tapi juga pada keluarga besar saya dan teman2.

Allah maha baik membuat saya belajar tentang islam dengan cinta melalui laki2 ini.

Berbeda pendapat ...

Pasti lah akan selalu ada ...

Tapi keinginan bersama tak hanya di dunia membuat kami terus belajar menjadi pasangan yang lebih baik lagi.

Kamis, 14 Januari 2016

1 Dasawarsa

Obrolan kami tadi malam mengenai konsep rezeqi setelah melewati 10 tahun pernikahan jauh berbeda dengan awal pernikahan dulu.

Bagi kami sekarang saat nya membenahi ibadah kami bukan lagi sekedar jungkir balik mencari rezeqi. Ikhtiar pasti, maksimal bahkan. Tapi mengabaikan ibadah karna merasa ikhtiar mencari rezeqi jauh lebih penting adalah salah.

Kita semua sedang dalam antrian menuju kehidupan kekal setelah ini. Saya dan suami sedang berusaha mempersiapkan bekal kami sebaik mungkin.

Kalo kata orang, kehidupan akhirati baik nya di usahakan maksimal sama dengan kehidupan duniawi.

Kalo untuk isi perut saja sedemikian gencar mencari nya masa untuk akhirat kita santai.

Kehalalan itu yang utama ...

Pesan suami ☺

Senin, 11 Januari 2016

Jaga Lisan

Saat kita melihat anak lain dalam kondisi yg mungkin kurang beruntung, tanpa sadar kita mengeluarkan banyak kritik dan ga jarang mengejek.

Apakah kita pernah mengembalikan ke diri kita sendiri, bagaimana kalo anak kita yang mengalami hal tersebut. Siapkah kita jika anak kita di ejek orang ...

Jaga lisan yuk bu ...

Jangan sampai anak kita di ejek orang lain sebagai bentuk "karma" dari apa yang kita lakukan.

Jaga lisan yuk bu ...

Ga ada anak yang sempurna, begitupun kita sebagai orang tua ☺

2009 UniqueBanget. All rights reserved. Modified by Moo