Selasa, 08 Mei 2012

Bu Guru oh Bu Guru...

Sudah menjadi kewajiban saya mengantar jemput Pasya ke sekolah setiap hari nya, walaupun ada si "mbak" tapi tugas tersebut tidak pernah saya delegasikan pada nya, selama saya mampu saya ingin "eksis" di sekolah anak - anak. Awal nya semua berjalan baik, saya tidak mengalami kendala apapun bahkan bisa di bilang cukup akrab dengan para guru, namun beberapa hari terakhir saya baru menyadari bahwa saya "terjebak" dalam rutinitas sekolah yang ternyata membosankan.
Ehm.. Maap, bukan rutinitas antar jemput nya yang membosankan, tapi kebiasaan para guru yang suka memanggil kami orang tua murid untuk ngobrol seputar kegiatan anak di kelas. Memang, saya sebagai orang tua pasti ingin tau kemajuan anak saya di sekolah seperti apa, bagaimana dia bergaul, belajar dan banyak hal lain nya tapi kalo setiap antar jemput bu guru selalu siap di depan kelas "menanti" saya untuk ngobrol yang biasa nya selalu berujung dengan nasihat panjang lebar, lama- lama saya bosan juga.
Saya kok jadi merasa di "mata-matai" oleh mereka, sang pendidik. Ada saja terapan rumah yang saya berikan pada Pasya di kritik oleh mereka, belum lagi hal - hal kecil yang kadang tidak sejalan dengan system pendidikan yang mereka terapkan di sekolah saya lagi deh yang kena "getah nya" di ceramahi...
Saya lalu berfikir, jalinan orang tua - guru harus nya berjalan baik kan, walau memang pasti ada kendala di perjalanan nya. Tapi saya juga tidak ingin kalo apa yang sudah baik antara kami jadi tidak baik karena hal - hal sepele tadi. Saya berinisiatif "kabur" dari rutinitas itu. Bukan tidak lagi mengantar jemput Pasya, tapi lebih bijak mengatur waktu nya. Saya antar kan Pasya pagi sekali saat Bu Guru masih sibuk menata kelas, dengan begitu Bu Guru tidak punya kesempatan banyak karena waktu nya tidak tepat, saat jemput pun begitu, saya jemput Pasya saat siswa sudah mulai sepi jadi Bu Guru sudah "lelah" menunggu kedatangan saya, jangankan untuk ngobrol melihat saya saja hanya senyum dari jauh...
Cara saya berhasil, 2 minggu sudah saya "bebas" dari rutinitas yang ada, dan hubungan saya dan Bu Guru tetap baik (setidak nya itu yang terlihat). Saya tetap lah orang tua Pasya yang memegang penuh kendali apapun tentang Pasya, Bu Guru atau siapapun di luar lingkaran kami sebagai orang tua hanya lah second opinion saja, ga perlu memaksakan pendapat apalagi menceramahi, bukan baik hasil nya malah....

Tidak ada komentar: