Selasa, 08 Mei 2012

Potensi...

Saya percaya tiap anak terlahir dengan keistimewaan nya masing - masing. Begitu juga dengan anak - anak saya, Pasya dan El - Jundi. Dari usia 2 tahun, Pasya sudah kami tes sidik jari, tes yang sekarang sedang tren di kalangan pendidik. Tes yang bisa melihat lebih jelas bakat dan potensi anak sehingga orang tua bisa mengembangkan nya lebih baik. Dari tes tersebut, Pasya lebih dominan dengan Logika Matematika nya. Bisa di katakan dia suka sekali berhitung, dan cocok dengan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian angka.
Awal nya, kami tidak terlalu melihat hal tersebut dalam diri Pasya, maklum lah baru usia 2 tahun. Saat masuk Play Grup, kami mulai melihat potensi nya kearah sana. Pasya suka sekali menghapal angka dari pada huruf, Pasya suka menghitung apa saja benda yang dilihat nya walau masih hitungan sederhana. Potensi itu semakin terlihat sekarang, saat Pasya TK - A. Untuk menghitung tambahan ataupun kurangan, Pasya lebih mudah menangkap nya, tapi kalo soal belajar membaca... ehm, ini yang butuh kesabaran ekstra.
Disini lah saya "sadar" bahwa percuma saya memaksakan kehendak saya agar Pasya bisa membaca kalo dia tidak enjoy dalam belajarnya, walau memang hal tersebut penting tapi saya juga harus ingat bahwa ada hal penting lain yang hampir saja saya lupakan, yaitu potensi berhitung Pasya.
Dengan usia nya yang masih 4 tahun, berhitung nya sudah baik, menulis nya juga sudah mengalami banyak kemajuan. Ga salah kalo saya memberikan nya "rangsangan" bermain menulis atau pun membaca lewat angka. Cara jitu yang pasti Pasya suka dan tidak sadar kalo itu termasuk belajar membaca. Ya, saya mengajak nya menulis angka - angka, kemudian membaca nya huruf per huruf sampai Pasya paham, simple kan...
Tiap anak adalah istimewa, kita sebagai orang tua nya lah yang harus mampu melihat keistimewaan itu, jangan hanya terfokus pada kelemahan nya saja...

Tidak ada komentar: