Rabu, 12 September 2007

Kemana Perginya Pemahaman Itu??!!

Saya banyak belajar dari peristiwa yang terjadi pada orang – orang terdekat saya. Peristiwa yang banyak mengajarkan saya tentang banyak hal, terutama makna menghargai kerja keras orang lain. Ada satu peristiwa yang selalu membuat saya berfikir, apakah benar yang kita lakukan didunia ini sudah benar..
Peristiwa ini menggambarkan tentang seorang yang menurut saya sangat paham dan benar dalam penerapan ilmu – ilmu agamanya, tapi entah mengapa banyak sekali “complain” dari orang – orang terdekatnya tentang hal – hal yang justru terkesan sangat “terdzolimi” oleh sikap – sikap orang tersebut. Bagaimana tidak, salah satu contoh, sebagai seorang pengusaha yang bisa dibilang sukses dibidangnya (walaupun baru usaha rumahan), tidaklah sepantasnya dia melalaikan pembayaran upah pegawainya. Tapi pada kenyataannya tak hanya satu dua orang pegawainya yang “complain” dengan sistem penggajian yang di terapkan dalam perusahaannya itu. Bahkan ada seorang pegawainya yang seumur hidupnya bekerja sebagai karyawan, tapi tak sepeser uangpun yang dia dapatkan. Memang si pengusaha memberikan rumah untuknya berteduh, tapi bukan sebuah rumah pribadi khusus untuknya, melainkan rumah si pengusaha yang dipakai untuk tinggal bersama dengan karyawan lainnya. Begitu juga soal makan, tak pernah karyawan itu mendapatkan uang makan yang merupakan haknya, tapi dia makan juga di rumah yang merupakan rumah si pengusaha. Satu hal yang membuat saya tidak mengerti adalah bagaimana mungkin seorang yang mengerti agama, bahkan sering memberikan ceramah agama untuk orang lain bisa berbuat demikian terhadap orang terdekatnya. Sungguh sangat ironis. Itulah sekelumit cerita tentang sekitar kita yang kadang sering kita temui. Orang yang kita anggap benar pemahamannya, malah banyak membuat kita berfikir, kemana sebenarnya perginya pemahaman itu??!!

Tidak ada komentar: