Rabu, 24 Oktober 2012

Puji Anak Dengan Porsi Yang Sama

Nama nya orang tua pasti lah memuji anaknya di depan umum jika si anak membuat sesuatu yang sangat mengagumkan. Tapi akan jadi sangat bahaya jika kita selalu memuji salah satu anak saja tanpa perduli dengan anak yang lain. Terlepas dari prestasi apa yang di torehkan oleh si anak, mereka tetap lah mempunyai hak yang sama dari kita orang tua nya.
Sama seperti kita, anak pasti lah rendah diri jika hanya saudara nya saja yang selalu menerima pujian. Apalagi jika pujian yang terlontar di lakukan di depan nya. Anak akan semakin minder, malu dengan kekurangan nya.
Prestasi anak memang beragam, satu anak bisa unggul di satu bidang sedang yang lain di bidang yang berbeda. Sama seperti kita kan, tidak semua dari kita mahir matematika tapi banyak juga yang mahir bidang studi lain nya.
Anak kita lahir dari orang tua yang sama dengan kasih sayang yang sama besar pula. Soal prestasi jangan sampai membuat semua itu berubah .... Tidak semua anak yang berprestasi secara akademis bisa berprestasi secara akhlak juga. Contoh banyak anak yang pintar di sekolah tapi sombong. Tapi tidak sedikit juga anak yang prestasi nya biasa saja namun akhlak nya jauh lebih santun. Semua itu kita yang menentukan karena anak terbentuk dari apa yang kita terapkan pada mereka.
Akhlak baik, santun modal utama anak menghantar kita pada surga Nya. Bukan itungan matematika di atas kertas. Persiapkan anak agar siap berkompetisi secara sehat. Puji mereka dengan porsi yang sama agar mereka selalu semangat untuk jadi lebih baik lagi. 

Tidak ada komentar: