Kamis, 16 Agustus 2007

Hanya 3 Kata

Sering kali banyak dari kita lupa bahwa dalam kehidupan ini sangat penting untuk menghargai orang lain, terutama orang terdekat kita. Kadang kita cenderung cuek dengan kondisi orang terdekat kita. Kita menganggap bahwa kebersamaan kita dengan mereka membuat mereka tak lagi layak untuk mendapatkan hal yang special dari kita. Padahal seharusnya kita jauh lebih menghargai orang terdekat kita, karena dengan merekalah kita menghabiskan separuh bahkan seluruh waktu hidup kita. Orang terdekat itu bisa orang tua, saudara, teman, sahabat, bahkan suami ataupun istri kita.
Mereka mungkin tak pernah meminta apapun untuk hidup mereka, melihat kita bahagia saja pastilah mereka juga ikut merasakan bahagia yang sama. Namun sebagai orang yang menghargai orang lain, seharusnya kita lebih dalam memperlakukan mereka. Terutama dalam bersikap dan bertutur kata. Ada tiga kata sederhana yang sesungguhnya mempunyai makna sangat dalam, bahkan mampu meruntuhkan segala keadaan yang mengkin sedang tidak mengenakkan antara kita dengan orang terdekat kita. Tiga kata yang selama ini mungkin sebagian dari kita telah lupa untuk mengungkapkannya. Tiga kata yang sangat sepele, sehingga kita kadang tidak sanggup melihat kedalam makna yang terkandung didalamnya.
Tiga kata tersebut adalah Maaf, Tolong dan Terima kasih…saat kita meminta sesuatu pada orang lain kadang kita tak pernah lupa untuk menggunakan kata ini, Tolong. Sedangkan dengan orang terdekat kita, kita seenaknya menyuruh mereka melakukan apapun untuk kita ataupun mengambil keperluan kita. Saat kita melakukan kesalahan pada orang lain, tanpa canggung kita langsung meminta Maaf, bahkan dengan wajah yang sangat menyesal. Sedangkan dengan orang terdekat kita, kita cenderung menyepelekan segala kesalahan kita kepada mereka, karena kita menganggap mereka pastilah memaafkan kita tanpa kita harus memintanya. Saat kita berbelanja ataupun dilayani oleh orang lain kita langsung mengucapkan Terima Kasih atas keletihan dan kerja keras mereka kepada kita. Tapi apakah kita pernah mengucapkan terima kasih pada saat istri kita yang menyiapkan sarapan untuk kita, atau saat suami kita membantu menurunkan belanjaan kita, atau pada saat Ibu kita memasakkan makanan kesukaan kita…Rasanya sedikit dari kita yang melakukan hal tersebut bukan??!! Belum terlambat untuk kita memperbaiki cara kita bertutur kata dan bersikap terhadap orang terdekat kita. Terutama terhadap orang tua, suami/istri, saudara dan sahabat, karena merekalah orang yang akan menjadi bagian dalam hidup kita.

Tidak ada komentar: