Kamis, 03 Juli 2014

Curhatan Teman

Sore tadi seorang teman curhat pada saya.

"Sejak Ramadhan suami ku jadi berubah... " di ujung telp teman saya memulai curhatan nya.
" Berubah bagaimana... " saya penasaran.
" Suamiku jadi religius... " jawab nya lesu.
" Lho...  Bagus donk.  Nama nya juga ramadhan pasti semua orang berubah jadi religius" kilah saya.
"Bukan itu....religius sekaligus cuek lebih tepat nya  " suara di ujung telp semakin lemah,  menandakan lemah nya semangat si pemilik suara.
" Suami ku sehari2 hanya berkutat dengan dunia nya. " lanjut teman saya.
"Sejak ramadhan,  suamiku memang religius dek.  Hampir tiap saat selama di rumah dy membaca quran atao pergi ke masjid.  Tapi bukan soal itu dek...  Aq liat makin hari dy makin sibuk dengan dunia nya,  sampai ga perhatian lagi sama sekitar.  Pernah suatu ketika saya telat sahur,  suami dan anak2 makan duluan.  Tau ga dek...  Sampai menjelang imsak,  suami ga menanyakan apa saya sudah sahur ato belum.  Mungkin malah ga ngeh dy,  apa saya sudah makan ato belum.  Oke...  Itu baru cerita pas sahur dek.  Cerita pas buka puasa beda lagi.  " isak tangis mulai terdengar...
" Pulang kerja suamiku langsung buka puasa...  Lalu shalat magrib dan kembali membuka quran, ga ada waktu untuk main dengan anak2 lalu langsung ke masjid tarawih.  Pulang taraweh...  Saat saya sibuk dengan pekerjaan rumah tangga,  dy cuek, dek.  Melihat saya bersusah payah mengangkat cucian,  sibuk menyuapi anak,  suami tetap santai tak bergeming.  Boro2 menawarkan diri membantu. " isak tangis makin terdengar.
" Sedih ya dek...  Berharap bisa menggapai ridho Nya  bersama di ramadhan ini,  tapi yang aq dapati malah seperti ini. " tangis nya meledak.

Saya diam di ujung telpon...  Mencerna bait demi bait cerita yang mengalir dari mulut nya yang bergetar.

" Maaf ya dek...  Ga pantas aq curhat soal ini.  Soal kekesalan ku,  soal tidak perhatian nya suami ku.  Tapi sesak dada ini dek...  " tangis di ujung telpon memecah.

Curhatan lebih panjang mengalir di telpon sore tadi...

Saya terdiam...

Dalam batin menyelusuri setiap cerita dari sahabat saya itu. 

" Ga seharus nya orang yang mengklaim diri nya beriman,  menjadi penyebab tangis orang lain,  terutama istri nya."

Tidak ada komentar: