Rabu, 27 November 2013

Masa Kecil

Banyak yang bilang saya terlalu memanjakan anak2. Apa yang mereka minta semampu saya akan saya beri. Mungkin benar, walau hal yang berbau pemberian materi selalu saya sortir tapi saya akui hampir semua permintaan anak2 pasti saya turuti.
Hal itu mungkin karena saya sejak kecil terpisah jauh dari mama. Ya mama harus menitipkan saya dengan eyang karna beberapa sebab. Terpisah jauh dengan mama memang ga membuat saya kekurangan kasih sayang sih, mama tetap menjadi ibu terbaik bagi saya. Kebutuhan saya pun tak pernah terlalaikan. Tapi dengan jarak yang ada, kadang saya rindu sosok mama hadir di samping saya. Terutama saat di skolah sedang ada moment2 yang orang tua harus hadir, sedih rasa nya karna kehadiran mama terwakili oleh orang lain sebagai pendamping saya.
Saya sebisa mungkin tidak melakukan itu. Moment sekolah anak saya sebisa mungkin hadir, membuat anak tenang, nyaman karna anak2 tau ada saya di sisi mereka.
Anak jadi tidak mandiri ....
Begitu pendapat orang2, apa benar???!!!
Buat saya tidak. Saat moment anak harus "sendiri" saya melepas mereka melakukan semua nya sendiri koq. Seperti saat harus les, anak saya ajarkan masuk sendiri ke tempat les karna saya hanya mengantarkan sampai gerbang. Begitupun saat anak harus membeli sesuatu saya mengajarkan nya memilih mana yang dia mau tanpa mendampingi, saya hanya menunggu di meja kasir.
Manja ....
Ya kadang nama nya anak2 manja pasti sesekali muncul. Selalu mau sama Bunda, begitu kalo kata Pasya. Buat saya sesekali boleh, tapi memang ada hal2 yang harus di tegaskan. Toh kita pun tak jauh dengan mereka, kadang ingin bermanja, ingin di sayang....
Tegas ....
Yup, tegas dalam meletakkan garis lurus mana hal yang boleh di lakukan, mana yang tidak. Kapan anak boleh di temani, kapan harus mandiri.
Jadi menurut saya, ga perlu terlalu heboh saat kita melihat anak2 lain di temani orang tua mereka saat ada kegiatan, toh.... kita aj kadang minta pasangan kan menemani saat kita butuh sosok "penenang". Just enjoy!!!

Tidak ada komentar: