Jumat, 28 Februari 2014

Kekurangan

Semalam saya bercerita pada si sulung mengenai kekurangan manusia. Saya bercerita bahwa setiap manusia pasti punya kekurangan, tidak mungkin ada yang sempurna.
Saya memberi contoh sederhana pada diri saya, contoh yang lekat sekali pada keseharian nya.
Saya bilang "kak, bunda tidak bisa masak... tapi kakak bisa makan makanan apapun yang kakak mau. Tau kenapa?!?" Pasya menggeleng.
Saya lanjut cerita ...
"Karna walau tidak bisa memasak, bunda bisa menutupi kekurangan bunda dengan berusaha memenuhi kebutuhan pasya. Dengan cara apa .. ya beli makanan yang pasya mau. Sekarang, banyak orang bisa memasak, tapi mereka kadang tidak mampu membeli bahan masakan yang di perlukan.. nah kalo udh gitu, percuma kan bisa memasak..." saya tatap mata pasya dalam.
Pasya lalu tersenyum dan bilang ...
" Iya, bunda ga bisa masak, tapi punya uang buat beli. Kalo yg lain bisa masak tapi ga bisa belanja.. percuma y bun ...."
Saya tersenyum mantap ...
"Yup.. kekurangan bunda dalam hal masak ga menjadikan bunda diam lalu pasya ga makan apa2 kan.. bunda berusaha agar pasya tetep bisa makan apapun walau bunda ga bisa masak." Saya lanjut..
"Pasya ga usah kecil hati dengan kekurangan.. tonjolkan kelebihan pasya. Fokus sama kelebihan ... nanti kekurangan akan hilang sendiri"
Percakapan malam itu saya tutup dengan senyum bahagia di wajah pasya. Pasya yang kadang mengalami ejekan dari teman2 nya karna masih suka ngambek, BT di kelas sekarang mencoba meyakinkan diri nya sendiri bahwa di setiap kekurangan yang dia punya, ada kelebihan yang menyertai nya...

Tidak ada komentar: